UJIAN PRAKTIK KOLABORASI ANTAR MAPEL

UJIAN PRAKTIK KOLABORASI ANTAR MAPEL YANG KEREN WALAU SECARA ONLINE

 

Anak kelas 9 tahun 2021 yang baru saja berlalu telah membuat sesuatu yang sangat keren. Ya, ujian praktik Bahasa Indonesia yang berkolaborasi dengan mapel lain yaitu Agama, Seni Budaya, dan juga IPS. Yang berkolaborasi tidak hanya mapelnya tetapi gurunya dan anak-anak tentunya. Walau mereka masih dengan kelasnya, tetapi di sisi lain mereka juga menyiapkan Ujian Praktik  pelajaran lainnya yang juga berkolaborasi dengan minimal 2 mapel dan maksimal 3 mapel.

 

Untuk bahasa Indonesia, kali ini khususnya yang berkolaborasi dengan mapel Seni Budaya. Di awali dengan rapat guru yang berkolaborasi dan akhirnya kami menentukan point penilaian sehingga anak-anak tetap dalam porsinya. Kalau dari Seni Budaya, akan dinilai dari proses latihan yang menentukan aransemen dan juga pemilihan alat musik lalu keharmonisan suara dan pembacaan serta nyanyiannya dari bahasa Indonesia adalah  poin penghayatan pembacaan puisi, dan juga vokal serta intonasi.

Anak-anak sangat kreatif, 7 puisi yang diberikan oleh guru bahasa ditentukan juga 7 kelompok tiap kelas dari 4 kelas sama semua puisinya. Puisi yang pendek dan bisa dicari reffrainnya. Kostum juga termasuk dalam penilaian. 

 

Tujuan dari kolaborasi adalah menghemat tenaga anak-anak yang di masa pandemi ini banyak sekali tuntutan tugas-tugas. Juga agar mereka sekali tampil bisa dinilai dua mata pelajaran sekaligus.

 

Nilai positifnya adalah bahwa mereka menjadi tahu bakat antar teman, jiwa karakter serviamnya muncul ada totalitas, integritas, dan juga leadership, dan lainnya.

Anak-anak semakin dewasa dan mereka sungguh memberikan hasil terbaik dan pada saatnya dikirimkan ke kami. Lalu, saat jadwal tiba dalam ujian praktik pada tanggal 1-3 Maret 2021, mereka kami masukkan ke dalam link Gmeet di kelas sehingga semua dapat mengapresiasi. Sungguh suatu hasil yang gemilang.

 

Masa pandemi tak mengurangi hikmah anak-anak dalam menyelesaikan kewajibannya yaitu mengikuti Ujian Praktik Online.