Program Guru Penggerak

1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3

Peran Pendidik dalam mewujudkan filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-murid dengan paradigma inkuiri apresiatif di sekolah

Oleh Chatarina Maryani

 

Filosofi Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara, maksud Pendidikan yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Pendidikan itu suatu ‘tuntunan’ di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, sehingga mereka hidup dan tumbuh menurut kodratnya sendiri.

Pada Program Merdeka Mengajar yang dicanangkan pemerintah, salah satu tujuan Pendidikan yaitu mewujudkan siswa yang berkarakter Profil Pelajar Pancasila. Enam dimensi pada Profil Pelajar Pancasila, yaitu 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; dan 6) Kreatif.

Page 1 of 3