Jl Pos No 2 Jakarta Pusat (021)3840915 admin@sma.santaursulajakarta.sch.id Senin - Jumat : 07.00 WIB - 14.00 WIB Sabtu : 07.00 WIB - 11.30 WIB

Ujian Praktik Kolaboratif

Ujian Praktik adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik pada ranah keterampilan pada KD-KI 4 yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. SMA Santa Ursula juga melaksanakan ujian praktik ini setiap tahunnya. Yang berbeda untuk tahun ini, Ujian Praktik dilaksanakan secara kolaboratif dalam situasi pandemi Covid 19. Kolaboratif antar guru (mata pelajaran) juga kolaboratif antar siswa (kelompok siswa) yang disiapkan dan dilaksanakan dari rumah masing-masing, juga mengukur capaian keterampilan abad 21 (keterampilan pemecahan masalah, berfikir kritis-kreatif, bekerja sama, dan berkomunikasi). 

Siswa dalam kelompok merancang sebuah produk kreatif dari kombinasi KD-KI 4 kelompok mapel Ujian Praktik. Hasil rancangan itu kemudian diwujudkan secara bertahap, dilaporkan hasil produk akhirnya, kemudian dikomunikasikan/dipaparkan saat ujian. Jadi penilaian meliputi penilaian proses, penilaian produk, dan penilaian presentasi atas produknya. 

Siswa dan guru terbagi dalam 4 grup kolaborasi yakni Grup A yang merupakan kolaborasi mata pelajaran Pendidikan Agama, Sejarah Indonesia, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Selanjutnya Grup B yang merupakan kolaborasi mata pelajaran Bahasa Inggris Wajib dan Pendidikan Seni. Grup C merupakan kolaborasi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika Wajib, dan Pendidikan Jasmani-Olahraga Kesehatan. Sedangkan Grup D merupakan grup mata pelajaran di peminatan masing-masing, peminatan Bahasa, MIPA, dan Sosial.

Berikut beberapa hasil produk kreatif yang dihasilkan oleh para siswa:


 https://www.instagram.com/artaloka.co/

 www.womenofindonesia.carrd.co

 https://issuu.com/sherinleanawijaya/docs/asek__7_

            https://open.spotify.com/show/3VVSpUCPvnJNQS6iIG1rJK